KSI Solusi Arsip Dampingi Pusat Arsip Dirjend PAUD Dikdasmen Lakukan Digitalisasi

No Comments

Dalam peringatan hari Kearsipan ke-50, yang disiarkan Badan Arsip Nasional RI pada Rabu 9/6/2021, Presiden Joko Widodo berpesan untuk meninggalkan cara – cara lama pengarsipan yang tidak efisien.

Tinggalkan cara-cara lama dalam pengarsipan yang pengelolaannya tidak efisien, akses yang lamban butuh waktu lama untuk menemukannya, dan juga penyimpanan yang tersebar di mana-mana,” ujar Presiden Joko Widodo

Untuk menjawab tantangan dari Presiden Joko Widodo tersebut dan untuk mewujudkan manajemen arsip yang efektif dan dinamis maka digitalisasi arsip adalah solusi yang paling tepat.

Dengan menggunakan teknologi digital, maka ada beberapa kelebihan yang akan dinikmati diantaranya adalah: dapat diakses dari mana saja sepanjang terhubung dengan internet, mempermudah pengguna untuk menyalin, memperbanyak, serta mencetak dengan akses yang mudah, dapat mendukung demokrasi karena publik mendapat informasi-informasi dengan mudah dan mendukung transparansi, dan lain sebagainya.

Upaya mendorong digitalisasi arsip sesuai arahan Presiden Joko Widodo juga telah dilakukan oleh Pusat Arsip Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Bekerjasama dengan KSI Solusi Arsip, proses digitalisasi telah dimulai Februari 2021.

Dedy Dewantoro, Chie of Marketing & Strategic Partnership KSI, menjelaskan jika pihaknya berbangga telah dipercaya mendampingi Pusat Arsip Dirjend PAUD Dikdasmen untuk membantu proses pengelolaan arsip yang efektif dan modern. Menurut Dedy, hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendorong adopsi teknologi informasi dalam pengelolaan arsip.

Selain itu, menurut Dedy, digitalisasi arsip dapat membentuk budaya saling berbagi pengetahuan (knowledge sharing) antar personal atau divisi di sebuah organisasi yang nantinya bermanfaat bagi perkembangan organisasi. Pembentukan budaya saling berbagi pengetahuan ini bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan sebagai perusahaan jasa pengelolaan informasi dan pengetahuan di Indonesia.

“Digitalisasi arsip harus dipandang sebagai investasi jangka panjang karena manfaatnya tidak hanya sekedar terkait dengan teknis pekerjaan akan tetapi juga mendorong dan menciptakan budaya kerja yang lebih positif. Dengan digitalisasi, proses bisnis suatu organisasi akan berjalan lebih efisien sekaligus berkualitas”, tutup Dedy

More from our blog

See all posts