KSI Solusi Arsip Dampingi PT Merah Cipta Media Lakukan Pemusnahan Arsip
KSI Solusi Arsip Dampingi PT Merah Cipta Media Lakukan Pemusnahan Arsip
Pemusnahan arsip merupakan upaya untuk mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas. Tak  hanya itu, , pemusnahan arsip juga dilakukan untuk menjaga keamanan informasi yang ada didalam arsip agar terhindar dari  penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.


Pemusnahan dilakukan sesuai Jadwal Retensi Arsip (JRA) dimana JRA adalah suatu daftar yang berisi sekurang-kurangnya jangka waktu penyimpanan atau referensi, jenis arsip, dan keterangan yang berisi rekomendasi tentang penetapan suatu jenis arsip yang dimusnahkan, dinilai kembali, atau dipermanenkan yang digunakan sebagai dasar dalam penyusutan arsip dan penyelamatan arsip. Jadwal Retensi Arsip tergantung dengan nilai dari arsip sendiri karena arsip memiliki berbagai jenis nilai arsip sehingga jadwal retensi arsip (JRA) dapat berbeda-beda.


Beberapa waktu yang lalu, PT Merah Cipta Media telah melakukan kegiatan pemusnahan arsip sebanyak 342 Kg. Arsip yang dimusnahkan adalah arsip yang telah sesuai dengan jadwal retensi arsip dan berdasarkan penilaian kembali arsip. Arsip tersebut dimusnahkan  dengan cara daur ulang kertas. Pemusnahan dengan model daur ulang ini lebih ramah lingkungan.


Dedy Dewantoro, Chief of Operation & Strategic Partnership KSI, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada KSI oleh PT Merah Cipta Media mendampingi melakukan pemusnahan arsip. Pentingnya posisi arsip menurut Dedy, membuat proses pemusnahan arsip harus dilakukan sesuai dengan kaidah pemusnahan arsip yang telah diatur melalui Peraturan ANRI No 25 Tahun 2012. Pelaksanaan pemusnahan arsip sesuai kaidah regulasi yang berlaku diperlukan agar  hasil pelaksanaan pemusnahan dapat dipertanggungjawabkan dan tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Selain itu, pemusnahan arsip menurut Dedy, pada hakikatnya adalah untuk menyelamatkan arsip dari penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


“Kepercayaan ini merupakan satu langkah besar untuk perusahaan untuk merealisasikan visi besar KSI menjadi perusahaan layanan jasa informasi dan pengetahuan yang terpercaya di Indonesia.” ujar Dedy


Selain itu sebagai perusahaan yang mendukung pembangunan berkelanjutan, KSI berkomitmen agar setiap operasi bisnis perusahaan dapat dijalankan dengan prinsip ramah lingkungan.

“Komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan ini adalah bagian dari DNA perusahaan untuk menciptakan tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan juga lingkungan hidup di Indonesia” pungkas Dedy


Sebagai informasi, PT Kailani Selaras Indonesia (KSI) adalah perusahaan jasa layanan pengelolaan informasi dan pengetahuan yang didirikan sejak 2019. Salah satu lini bisnis yang dikembangkan oleh KSI adalah KSI Solusi Arsip sebagai solusi manajemen arsip modern yang diperlukan bagi pemerintah dan dunia bisnis

Minta Penawaran