KSI Solusi Arsip Dampingi Pemusnahan Arsip Surveyor Indonesia

No Comments

Menurut Perka ANRI No. 25 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemusnahan Arsip, Pemusnahan Arsip adalah kegiatan memusnahkan arsip yang tidak mempunyai nilai kegunaan dan telah melampaui jangka waktu penyimpanan. Kegiatan pemusnahan arsip adalah bagian dari kegiatan penyusutan arsip yang bertujuan untuk mengurangi jumlah arsip yang dimiliki suatu korporasi.

Pemusnahan arsip pada dasarnya tujuannya adalah untuk efisiensi dan efektivitas kerja, serta penyelamatan informasi arsip itu sendiri dari pihak pihak yang tidak berhak untuk mengetahuinya.

Sebelum melakukan penyusutan arsip ataupun pemusnahan arsip, setiap korporasi wajib memiliki Jadwal Retensi Arsip (JRA). JRA adalah bagian dari pengendalian penyusutan arsip yang diatur dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan dan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2003 tentang Perpustakaan, kegiatan pemusnahan arsip in aktif dilakukan dengan cara dibakar, dicacah menjadi bagian kecil-kecil, dikubur dalam lubang, pulping, penggunaan bahan kimia dan cara-cara lain yang memenuhi kriteria yang disebut dengan istilah musnah sehingga tidak dapat dikenali lagi isi maupun bentuknya.

Pemusnahan arsip juga dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi daur ulang atau pembuburan. Penggunaan teknologi ini sangat ramah lingkungan dan membantu mengurangi polusi udara dan sampah.

Saat ini KSI Solusi Arsip dipercaya untuk mendampingi PT Surveyor Indonesia untuk melakukan pemusnahan arsip. Arsip yang dimusnahkan telah dilakukan screening dari PT Surveyor Indonesia sesuai JRA yang telah dimiliki.

Dedy Dewantoro, Chief of Operation & Strategic Partnership, menjelaskan bahwa pihaknya berbangga telah mendampingi PT Surveyor Indonesia untuk melakukan pemusnahan arsip. Dedy menjelaskan jika pemusnahan arsip dilakukan dengan cara pembuburan. Cara ini dipandang tidak hanya sesuai dengan visi perusahaan, akan tetapi juga sesuai dengan ketentuan hukum dan juga sangat ramah lingkungan.

Melalui kerjasama ini, Dedy berharap jika langkah ini akan menjadi satu lompatan yang baik sekaligus memberikan edukasi kepada para pelaku usaha tentang pengelolaan arsip sekaligus cara pemusnahan arsip yang sistematis, tidak merusak lingkungan, dan sekaligus bermanfaat bagi masyarakat.

More from our blog

See all posts