KSI Solusi Arsip Dampingi 2 Kantor Pajak Lakukan Penataan Arsip

No Comments

Secara definisi, arsip adalah istilah yang relatif dikenal di masyarakat. Masyarkat memaknai bahwa arsip adalah dokumen tertulis. Namun secara resmi, definisi arsip, jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah dokumen tertulis, lisan, atau bergambar dari waktu yang lampau, disimpan dalam media tulis, elektronik, biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi, disimpan dan dipelihara di tempat khusus untuk referensi.

Sementara itu, berdasarkan UU 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, definisi arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Arsip sendiri memiliki 6 fungsi penting yaitu untuk (i) Mendukung proses pengambilan keputusan; (ii) Menunjang proses perencanaan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan; (iii) Mendukung pelaksanaan pengawasan; (iv) Sebagai alat pembuktian, terutama dalam konteks proses pengadilan; (v) Sebagai memori atau dokumentasi yang berkaitan dengan segala aktivitas sebuah organisasi; (vi) Digunakan untuk kepentingan publik dan ekonomi.

KSI Solusi Arsip saat ini sedang mendukung dan mendampingi Kantor Pajak Pratama Serpong dan Kantor Pajak Pratama Bekasi Selatan untuk melakukan penataan arsip. Kegiataan penataan arsip di kedua instansi ini untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan arsip agar menjadi lebih sistematis dan dapat lebih terintegrasi sesuai dengan kaidah – kaidah kearsipan.

Dedy Dewantoro, Chief of Operational & Strategic Partnership KSI menyatakan bahwa KSI mendukung pengelolaan sistem kearsipan yang sistematis di kedua instansi pemerintah ini. Menurutnya dengan kerjasama penataan arsip yang dilakukan saat ini dapat mendorong pengelolaan arsip yang lebih baik di masa depan dan memudahkan proses temu balik arsip untuk proses pengambilan keputusan terutama untuk Kantor Pajak Pratama Serpong dan Kantor Pajak Pratama Bekasi Selatan.

Dengan pengelolaan arsip yang baik akan berdampak pada peningkatan kinerja dan efisiensi dari suatu organisasi dan juga membuat proses kerja semakin menjadi lebih mudah dan efisien.

More from our blog

See all posts