KPP Madya Jakarta Selatan II Gandeng KSI Solusi Arsip Lakukan Penataan Arsip

No Comments

Sebagai sebuah organisasi modern dan professional, melakukan penataan arsip adalah hal yang tidak dapat dihindari. Penataan arsip pada dasarnya adalah kegiatan mengatur dan menyusun arsip dalam suatu tatanan yang sistematis dan logis, menyimpan serta merawat arsip untuk digunakan secara aman dan ekonomis.

Regulasi yang ada, misalnya Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan telah mengatur dan ewajibkan setiap lembaga negara, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, dan perguruan tinggi untuk mengelola arsipnya sejak penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan hingga penyusutan guna menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah.

Karena itu arsip harus dikelola dengan baik sehingga akan menjamin ketersediaan arsip yang sebagai bahan akuntabilitas dan juga berfungsi sebagai alat bukti. Sejalan dengan regulasi tersebut, KPP Madya Jakarta Selatan II menggandeng KSI Solusi Arsip untuk mendampingi penataan arsip di KPP Madya Jakarta Selatan II.

Dedy Dewantoro, Chief of Operation & Strategic Partnership KSI, menjelaskan jika pihaknya bergembira dapat mendampingi sekaligus mendukung KPP Madya Jakarta Selatan II untuk melakukan penataan arsip. Ia menjelaskan jika penataan arsip yang dilakukan oleh KPP Madya Jakarta Selatan II adalah bukti komitmen dan keseriusan pemerintah untuk membenahi dan mengelola arsip secara lebih baik.

KSI Solusi Arsip menurut Dedy akan selalu mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan arsip secara berkelanjutan. Hal ini adalah bagian dari komitmen jangka panjang dari KSI Solusi Arsip untuk mendukung pengelolaan arsip secara lebih modern dan profesional

“Meskipun situasi saat ini masih di tengah pandemi Covid 19, namun kegiatan kearsipan tidak berhenti, apalagi tugas dan fungsi dari KPP Madya Jakarta Selatan II sangat penting dan strategis. Layanan publik di bidang perpajakan terus berjalan dan seriringan dengan hal tersebut maka penciptaan arsip juga terus terjadi. Karena itu, penataan arsip adalah kegiatan strategis yang harus dilakukan secara berkesinambungan.” Ujar Dedy.

Dedy juga menjelaskan jika pengelolaan arsip yang dilakukan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada dasarnya akan menempatkan kearsipan sebagai program prioritas yang berkelanjutan. Untuk itu diperlukan membangun kesadaran dan keterikatan bersama terhadap nilai guna dan manfaat arsip, pungkas Dedy

More from our blog

See all posts