Inilah Beberapa Alasan Mengapa Tertib Arsip Menjadi Penting Bagi Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik!
Inilah Beberapa Alasan Mengapa Tertib Arsip Menjadi Penting Bagi Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik!

“Arsip itu sangat penting. Karena dengan arsip, kita dapat melihat apa yang sudah kita lakukan, dan apa yang harus kita lakukan,” ucap Eko Prasetyanto selaku Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), saat membuka Rapat Kerja Nasional Bidang Kearsipan Tahun 2022.

 

Arsip dapat menjadi bahan pertimbangan untuk merumuskan berbagai kebijakan, sehingga dengan adanya tertib arsip maka akan meminimalisir kesalahan dalam merumuskan dan mengambil suatu kebijakan.

 

Tapi tahukah Anda?

 

 

Apa itu tertib arsip?

 

Gerakan Nasional Tertib Arsip (GNSTA) adalah upaya untuk meningkatkan lembaga negara dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya manusia kearsipan, sarana prasarana, pengelolaan arsip serta pendanaan kearsipan.

 

Berikut beberapa alasan mengapa tertib arsip menjadi penting bagi tata kelola pemerintahan:

 

  1. Memperkecil Kesalahan Dalam Mengambil Kebijakan

 

Dengan adanya arsip, pemerintah dapat mempelajari kebijakan yang telah dilakukan pada periode sebelumnya. Dari situ, arsip dapat menjadi pedoman bagi pemerintah dalam mengambil setiap langkah kebijakan yang diambil. Ketertiban dalam pengelolaan arsip dapat mempermudah pemerintah untuk menuntaskan persoalan yang terjadi kemudian hari.

 

  1. Peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM kearsipan pada lembaga negara dan pemda

 

Dalam Peraturan Kepala Arsip Nasional Nomor 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Tertib Arsip (GNSTA), tertib sumber daya manusia menjadi salah satu strategi khusus untuk mendorong tertib arsip. Pada peraturan tersebut diatur ketersediaan seorang arsiparis pada setiap lini pemerintahan dan pengalokasiiannya berdasarkan analisis beban kerja pada setiap unit kerja. Disini tertib arsip juga bertujuan mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM kearsipan.

 

  1. Pengelolaan prasarana dan sarana kearsipan sesuai dengan standar kearsipan

 

Gerakan tertib arsip mendorong pengelolaan prasarana dan sarana kearsipan sesuai dengan standar kearsipan, bayangkan jika kita tidak tertib dalam menggunakan sarana dan prasarana, pasti arsip tidak dapat dikelola dengan baik

 

  1. Peningkatan partisipasi masyarakat

 

Gerakan Nasional Tertib Arsip (GNTA) mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, penyelamatan, penggunaan arsip, penyediaan sumber daya pendukung, serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kearsipan, pengawasan, serta sosialisasi kearsipan pada lembaga negara dan penyelenggara pemerintahan daerah yang mendukung perilaku sadar tertib arsip.

 

Sudah tahu bagaimana alasan mengapa tertib arsip menjadi penting? Yuk laksanakan tertib arsip agar tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik.

 

Jika Anda bingung mengelola arsip secara baik, jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

 

Minta Penawaran!