Digitalisasi Arsip Bagian Dari Upaya Meningkatkan Good Governance
Digitalisasi Arsip Bagian Dari Upaya Meningkatkan Good Governance
Arsip berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh Lembaga negara, pemerintah daerah, Lembaga Pendidikan, perusahaan, organisasi publik, organisasi kemasyarakatan, dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
 
Dalam hal memperoleh informasi lewat penyelenggaraan kearsipan. Hal ini juga turut dijamin di dalam konstitusi kita Pasal 28F Undang-Undang Republik Indonesia (UUD NRI) menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.
 
Seiring perkembangan zaman, paradigma arsip mulai bergeser dari yang sebelumnya bersifat penggunaan pribadi menjadi bentuk pemenuhan hak-hak sipil masyarakat dan akuntabilitas pemerintah. Oleh karena itu, secara baik secara regulasi maupun praktis diperlukan adanya pedoman-pedoman yang menjadi standar baku pemerintah untuk memastikan kedua hal tersebut bisa tercapai. Selain itu, setiap pihak yang menyelenggarakan kearsipan sudah semestinya mengembangkan jaringan informasi dan kearsipan untuk memudahkan aksesibilitas dari suatu informasi yang diarsipkan.
 
Berkaitan dengan perkembangan teknologi yang mengedepankan digitalisasi dalam pelayanan publik pemerintah yang berkaitan dengan penyelenggaraan kearsipan, permasalahan dalam kearsipan semakin meluas. Tantangan tersebut kemudian dijawab dengan adanya digitalisasi arsip. Melalui proses digitalisasi arsip konvensional ke media-media digital.
 
Melalui proses digitalisasi arsip konvensional ke media-media digital, dengan maksud utama melindungi arsip dari kerusakan secara fisik. Dalam perkembangannya, mengenai digitalisasi arsip, bidang kearsipan belum mendapat tempat yang baik di kalangan pemerintah, swasta bahkan masyarakat. Banyak pihak yang belum mengetahui atau belum memahami arti penting dan manfaat arsip. Padahal, pada proses perwujudan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance), pengelolaan arsip dilakukan untuk menjadikannya sumber informasi, acuan dan bahan pembelajaran masyarakat, bangsa dan negara.
 
Dengan digitalisasi arsip pengelolaan arsip yang tepat, akan meningkatkan kinerja dan efisiensi dari suatu organisasi. Sistem pengelolaan kearsipan yang baik membuat semua proses kerja semakin menjadi lebih mudah dan efisien. Adanya digitalisasi arsip tentunya akan memudahkan fungsi dan tugas pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan kearsipan yaitu sebagai landasan pengambilan keputusan; sebagai landasan untuk mempertahankan kelangsungan kebijakan secara konsisten dan efektif; mempertahankan akuntabilitas.
 

 

Minta Penawaran!