3 Metode Pemusnahan Arsip
3 Metode Pemusnahan Arsip

Sebelumnya dijelaskan jika Pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan Pemindahan arsip inaktif dilaksanakan dengan memperhatikan bentuk dan media arsip. Tahap selanjutnya dari prosedur penyusutan arsip ialah pemusnahan arsip.

 

Tujuan pemusnahan arsip antara lain adalah untuk efisiensi dan efektivitas kerja, serta penyelamatan informasi arsip itu sendiri dari pihak-pihak yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Tentu yang menjadi pertimbangan mendasar dalam pemusnahan arsip yaitu harus memperhatikan kepentingan pencipta arsip serta kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

 

Pemusnahan arsip tidak bisa sembarang dilakukan karena harus sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Arsip yang dimusnahkan adalah arsip yang telah habis retensinya dan tidak memiliki nilai guna dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, berikut adalah arsip yang dapat dimusnahkan sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan ;

  1. tidak memiliki nilai guna;
  2. telah habis retensinya dan berketerangan dimusnahkan berdasarkan JRA;
  3. tidak ada peraturan perundang-undangan yang melarang; dan
  4. tidak berkaitan dengan penyelesaian proses suatu perkara.

 

Ada tiga metode pemusnahan arsip yang biasa dilakukan:

 

Pembuburan Arsip

 

Pembuburan Arsip bisa dilakukan di pabrik kertas atau tempat-tempat yang dapat melakukan pembuburan kertas ini, biasanya hasil dari pembuburan arsip akan didaur ulang menjadi kertas atau barang-barang daur ulang yang dapat bermanfaat, metode inilah yang sangat ramah lingkungan dan banyak dilakukan oleh pemerintah.

 

Pembakaran atau Kremasi Arsip

 

Pembakaran atau Kremasi dapat dilakukan dengan menggunakan mesin kremasi yang biasa digunakan untuk kremasi jenazah hal ini lebih ramah lingkungan daripada melakukan pembakaran langsung dan tidak bisa didaur ulang

 

Pemberian Bahan Kimia

 

Pemberian bahan kimia tertentu hingga arsip tersebut hancur total, biasanya menggunakan magnesium karbonat, arsip terlebih dahulu direndam dengan air dan setelah itu memasukan bahan kimia magnesium karbonat. Hal tersebut sudah jarang dilakukan karena bahan kimir yang dilakukan berbahaya.

 

Jika anda membutuhkan asistensi untuk pemusnahan arsip, anda dapat menghubungi KSI Solusi Arsip – Solusi Anda untuk Manajemen Arsip.

 

Minta Penawaran!